Breaking News
recent

Proses berfikir


Tahukah sahabat apa itu berfikir ? atau pernakah mendengar kata berfikir? Berfikir adalah salahsatu hal yang selalu dilakukan setiap saatnya. Proses berfikir ini muncul saat manusia atau seseorang memiliki suatu masalah atau permasalahan . Ini adalah tahap awal yang dilakukan saat berfikir. 
 
Tampa disadari saat ini pukitapun sedang berfikir apakah berfikir bagaimana proses berfikir yang akan dibahas diartikel ini atauka untuk mengetahui bagaimana sesungguhnya laju berfikir manusia. Semua itu adalah proses berfikir, menciptakan ide kreativ sesuai dengan imajinasi yang dituangkan melalui karya seni itu semua ada karna adanya proses berfikir. 

Proses berfikir yang sesungguhnya ada beberapa tahap yang akan kami bahas pada artikel ini . beberapa tahap yang kami ketahui melalui beberapa referensi yang telah kami baca di beberapa buku terkait yang kemudian kami tulis dan mengbagikan kepada sahabat Warkop Super.

Tahap proses berfikir yang sesungguhnya ada 3 tahap diantaranya adalah tahap penarikan pengertian, penarikan pendapat dan penarikan kesimpulan.
1
.  Penarikan pengertian
Proses berfikir manusia dimulai dari penarikan pengertian, seseorang saat  memulai berfikir dimulai dengan langka permasalahn. Seseorang tidak akan berfikir tanpa ada masalah yang akan di selesaikan. Adanya masalah yang akan dihadapi perlu adanya analisa pengambilan pengertian dengan pendekatan pertanyaan seperti :
Apa masalah yang dihadapi?
Bagaimana ciri-ciri dari masalah itu?
Apa bentuk masalah itu?
Sahabat harus mengetahui dan dapat menjawab pertanyaan itu! Intinya dalam penarikan pengertian sahabat harus mengidentifikasi masalah yang dihadapi

2.  Penarikan pendapat

Proses selanjutnya setelah memberikan pengertian pada masalah yang dihadapi selanjutnya sahabat perlu memberikan pendapat atau hal-hal yang kemungkinan akan terjadi. Pada tahap ini ada 3  pendapat yang bisa saja sahabat lakukan sesuai dengan apa yang di hadapi
-          Pendapat positif
Pendapat positif adalah menanggapi masalah dengan positif misalnya resky sanagat pandai.
-          Pendapat negatif
Pendapat ini bersifat negatif biasanya seperti : Resky sanagat malas kesekolah.
-          Pendapat kemungkinan
Pendapat ini lebih kepada persepsi pendapat yang mengatas namakan kemungkinan misalnya kemungkinan resky tidak masuk sekolah.
          Ketiga ini adalah jenis pendapat yang biasanya di respon oleh masalah yang diambil.


3.  Penarikan kesimpulan
Setelah melakukan penarikan pengertian dan penarikan pendapat barulah setelah itu ada kesimpulan yang diambil. Setelah di penarikan pendapat menimbang-nimbang masala yang akan terjadi. Setelah itu  barulah hasil pendapat yang telah ada di pertimbangkan persen yang lebih banyak menguntungkan lalu menyimpulkan hasil berfikir yang telah di proses tadi.

Proses berfikir yang rumit dengan pertimbangan yang baik akan dapat menjadikan hasil berfikir yang optimal.

Salam sahabat Warkop !
“Nikmati masalahmu sepahit kopimu”
Unknown

Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.